Tips Menghindari Sengketa Jual Beli Tanah

Tips Menghindari Sengketa Jual Beli Tanah sangat penting untuk diketahui. Tanah yang sekiranya memiliki potensi sengketa memang sebaiknya dihindari. Namun, tidak semua orang memiliki pilihan untuk menghindari pembelian tanah yang memiliki potensi sengketa. Selain itu, mengetahui tips agar tidak terlihat sengketa jual beli tanah juga harus diketahui agar tidak merasakan betapa runyamnya membeli tanah yang ternyata bermasalah dan merugikan dikemudian hari. Untuk bisa membuat Anda terhindar dari kerugian tersebut, di sini akan diberikan ulasan tipsnya untuk Anda.

Hal yang Harus Dihindari ketika Jual Beli Tanah

Seperti apa sajakah tips untuk menghindari sengketa jual beli tanah? Ada beberapa tips yang harusĀ  diperhatikan. Pertama, usahakan untuk membeli tanah yang memiliki sertifikat resmi yang jelas dan tidak memiliki kecacatan. Anda bisa periksa sertifikat tanah dikantor pertanahan untuk melihat rekam jejak sertifikat tanah yang akan Anda beli. Namun, yang lebih penting untuk Anda ingat adalah pilihlah tanah yang sudah memiliki sertifikat tanah. Jika Anda membeli tanah girik, maka potensi mendapatkan masalah atau sengketa akan lebih besar. Tanah girik bisa jadi hanya diklaim sepihak oleh satu atau dua orang sedangkan pihak lainnya atau yang tidak mengakuinya. Tanah girik bisa lebih bermasalah karena bisa jadi ada pihak yang tidak terima dengan transaksi jual beli yang Anda lakukan misalnya anggota keluarga yang masih terbilang ahli waris, masyarakat adat, dan sebagainya. Kedua, pastikan tanah yang Anda akan beli tidak terhutang pajak. Dalam tips ini, Anda membutuhkan jasa PPAT atau notaris untuk mengecek Surat Tanda Terima Setoran PBB. Tips ketiga, Anda perlu memilih PPAT terbaik didaerah Anda untuk bisa mendapatkan bantuan yang lengkap, cepat, menyeluruh dan tidak membuat Anda terkuras banyak uang. Anda bisa memilih jasa notaris terbaik yang berada terdekat dari lokasi tanah yang akan dibeli dengan mencari rekomendasi dari siapapun yang lebih berpengalaman.

Itulah tadi rangkuman tips yang harus Anda perhatikan agar bisa menghindari sengketa jual beli tanah. Sebenarnya, masih ada lagi berbagai hal lainnya agar tidak mendapatkan masalah ketika akan melakukan pembelian tanah. Namun, beberapa tips tadi merupakan sangat terpenting untuk diketahui.

Apa Perbedaan jual beli rumah ruko dengan villa?

About the author

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *