Berbagai jenis pajak properti perumahan di Palembang

Bagi kita yang hendak membeli properti dalam bentuk apapun, seperti rumah, apartemen, ruko, kavling dan lain-lain, hal yang harus diperhatikan tak sekedar harga serta bukti legalitasnya. Di samping dua hal tersebut, masih ada lagi yang wajib jadi perhatian, yaitu pajak. Pajak harus dicermati supaya tak jadi bumerang di kemudian hari. Jika menganggapnya sepele, kita bisa-bisa dianggap telah menggelapkan pajak. Hukumannya tak mungkin ringan. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan berbagai jenis pajak properti perumahan di Palembang. Kasus penggelapan pajak properti yang dilakuakn dengan sengaja akan dikategorikan dalam tax evasion serta termasuk dalam pelanggaran hukum. Supaya terhindar dari hal ini, berikut adalah ragam pajak properti yang harus kita pahami.

 

Aneka Macam Pajak Properti Yang Harus Dimengerti

Pertama ada Bea Perolehan Hak atas Tanah dan/atau Bangunan yang seringkali disingkat sebagai BPHTB. Pajak satu ini adalah pungutan atas perolehan hak atas bangunan ataupun tanah. Tarif yang ditetapkan ialah lima persen pada pemilik ataupun pembeli rumah dengan batasan di atas Rp30 juta. Berikutnya ada Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB yang dikenakan pada properti baik yang sudah menjadi bangunan ataupun masih berupa tanah. PBB bersifat kebendaan, yang berarti besar pajak terutang ditentukan keadaan dari objek yaitu tanah dan atau bangunannya, namun tidak dipengaruhi keadaan dari subjek atau siapa yang membayar.

Berikutnya ada Pajak Penghasilan atau PPh. PPh dikenakan atas penghasilan yang diterima baik pribadi atau badan berkat pengalihan hak tanah dan bangunan sejumlah lebih dari Rp60 juga. Besaran PPh ialah lima persen dari total penghasilan tersebut. Ada lagi Pajak Pertambahan Nilai atau PPN yang dikenakan pada penjualan aneka bangunan. PPN terutang saat pembayaran uang muka serta saat pelunasan. PPN akan dikenakan pada pembeli serta dipungut oleh penjual. Terakhir, ada Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM. Pajak ini hanya akan dikenakan untuk penjualan properti mewah seperti town house, apartemen, rumah mewah serta kondominium. Tarif PPnBM yang dikenakan adalah 20 persen.

Kesalahan biasanya dalam beli atau jual perumahan bekas Palembang

About the author

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *